INFO
  •  Selamat Datang di Website Inspektorat Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara 
  •  Telah dibentuk Tim SATGAS SABER PUNGLI PPU 
  •  Telah Ada Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) 
  •  telah Ada Whisle Blowing System (WBS) 
  •  Telah dibuka Layanan Penganduan dan layanan Konsultasi Seputar Pengawasan APIP (Kost@n APIP) Mobile 

5 Orang THL Positif Narkoba, Ini Sanksi Yang Diberikan

Rabu, 20 Februari 2019

5 Orang THL Positif Narkoba, Ini Sanksi Yang Diberikan

5 Orang THL Positif Narkoba, Ini Sanksi Yang Diberikan
 
TRIBUNKALTIM/SAMIR PATURISI
 
Badan Narkotika Kabupaten Penajam Paser Utara melakukan tes urine kepada THL di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Dinas Lingkungan Hidup (DLHJ) serta Dinas Permukiman, Selasa (19/2/2019). 
 

Laporan wartawan Tribunkaltim.co, Samir Paturusi

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Penajam Paser Utara (PPU) kembali melakukan tes urine kepada tenaga harian lepas atau THL.

Mereka ini yang bertugas di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) serta Dinas Permukiman (Perkim), Kabupaten Penajam Paser Utara.

 

Dari 34 THL yang mengikuti tes ini, semuanya dinyatakan negatif sebagai pengguna narkoba.

Sekretaris BNK PPU, Herlambang, kepada Tribunkaltim.co pada Selasa (19/2/2019) mengatakan, dari 33 THL Disdukcapil satu orang tak hadir dengan alasan izin.

Cap Go Meh Kota Balikpapan 2019, Shio Babi Tanah jadi Adem Rejeki Banyak

Oknum Pegawai Satpol PP Terjaring Penggerebekan BNN di Kampung Narkoba, Ini Perannya

Sederet Fakta Kasus Narkoba di Kaltim: Kotak Gembok, Loket Sabu, hingga Pengedar Jejali Lapas

Sementara dari DLH dan Perkim masing-masing satu orang THL
Mereka mengikuti tes urine di Disdukcapil karena saat digelar di instansi mereka kedunya menyatakan sakit dan izin.

Herlambang menjelaskan, dengan tes urine di Disdukcapil di Penajam ini maka sampai sekarang sudah tercatat 20 OPD dengan 1.300 lebih THL yang telah mengikuti tes urine, dan ada lima yang positif.

Ia menyatakan, dengan demikian, maka masih ada sekitar 9 OPD di Penajam yang bakal melaksanakan tes urine.

Ia mengatakan untuk melaksanakan tes urine maka pihaknya menunggu surat OPD yang meminta dilakukan tes urine di tempat mereka.

Hasil Tes Urine Negatif, THL RSUD Langsung Tandatangan Kontrak

VIDEO - Tersangka Narkoba Musnahkan Seribu Ekstasi, 50 Poket Sabu dan 15 Pohon Ganja

Dengan sisa 9 OPD, ia mengaku sampai akhir Februari ini bisa diselesaikan tes urine seluruh THL. "Kalau semua OPD kirim surat untuk dilaksanakan tes urine, maka kami akan lakukan, " ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Bupati yang juga Ketua BNK, Hamdam menegaskan bahwa tes urine ini wajib diikuti seluruh THL sebelum kontrak mereka diperpanjang.

Sebab semua ini karena salah satu syarat yang harus dipenuhi bebas narkoba.

Bila THL tersebut hasilnya positif maka pimpinan OPD tak boleh memperpanjang kontrak mereka.

"Tidak boleh lagi diperpanjang karena salah satu syarat yaitu bebas narkoba, " ujar Hamdam.

Kecilnya Imut-imut, Saat Remaja seperti Pecandu Narkoba, Bagaimana Penampilan Macaulay Culkin Kini?

THL Ketahuan Pakai Urine Orang Lain

Saat dilakukan tes urine Tenaga Harian Lepas (THL) terungkap ada seorang yang berusaha curang menukar dengan urine orang lain namun tertangkap basah oleh kepolisian. Begitu di tes memakai urine sendiri, dinyatkan positif narkoba.

Kepala Bagian Umum Setkab Penajam Paser Utara (PPU), Rozihan Azward, menjelaskan, awalnya THL tersebut sempat berusaha menggunakan urine orang lain.

Personel BNN Provinsi Kalimantan Timur dan BNN wilayah Kota Samarinda melakukan penggrebekan disalah satu kampung narkoba di Samarinda, dari jalan Gatot Subroto hingga jalan Lambung Mangkurat, Sabtu (16/2/2019) sore.
Personel BNN Provinsi Kalimantan Timur dan BNN wilayah Kota Samarinda melakukan penggrebekan disalah satu kampung narkoba di Samarinda, dari jalan Gatot Subroto hingga jalan Lambung Mangkurat, Sabtu (16/2/2019) sore. (TRIBUNKALTIM/CHRISTOPER D)

Bahkan temannya itu membawa urine, namun saat akan diserahkan tertangkap basah petugas Polres PPU dan diminta tes urine ulang.

"Jadi sempat mau pakai urine orang lain namun ketahuan dari Polres dan disuruh tes urine dan hasilnya positif," ujarnya kepada Tribunkaltim.co, Minggu (3/2) melalui sambungan telepon selulernya.

Dirga Sewa Hotel untuk Pakai Sabu, Polres Bontang Amankan 2 Pemuda Terlibat Narkoba

Rozihan, menegaskan, tidak akan memperpanjang kontrak seorang tenaga harian lepas (THL) yang saat diperiksa urine dinyatakan positif narkoba dan dua orang yang hasilnya masih samar- samar diserahkan ke kepolisian.

Dia menjelaskan, ketika dilakukan tes urine oleh Badan Narkotika Kabupaten (BNK) di Kantor Badan Keuangan pada pekan lalu, menghasilkan orang positif narkoba dan masih berstatus samar-samar.

"Satu THL positif narkoba. Sementara dua THL hasilnya masih samar-samar akan diserahkan kepada polisi untuk melakukan assesment. Ini masih menunggu hasil secara resmi dari BNK PPU," ujar Rozihan.

Ia menyatakan, pihak yang dinyatakan positif narkoba akan dipanggil. Kemudian diberikan sanksi putus kontrak alias tidak diperpanjang.

"Gajinya sebulan akan kami bayarkan. Sudah kerja selama Januari tapi Februari sampai seterusnya tak lagi terima gaji karena kontrak kami tak perpanjang, " ungkapnya.

Rozihan mengatakan, awalnya yang bersangkutan menyerahkan hasil tes urine dari puskemas, namun tetap saja mereka yang belum melaksanakan tes urine di BNK perlu wajib dites lagi. THL wajib mengikuti tes urine yang digelar di BNK.

Di Depan Polisi, Tersangka Narkoba Musnahkan Seribu Ekstasi, 50 Poket Sabu dan 15 Pohon Ganja

Air Mata Palsu, Pria Ini Terus Menangis saat Ditangkap, Ternyata Kode Agar Rekannya Buang Narkoba

Dan ternyata, setelah diperiksa terbukti, pihak yang bersangkutan positif narkoba. "Mungkin nanti ada tes urine mendadak yang akan kami gelar kepada THL yang dicurigai. Kami kan tidak mau. Kok ada yang narkoba di Setkab PPU sementara Ketua BNK kan Pak Wabup," katanya.

Di tempat terpisah, pengurus BNK PPU, Deny Handayansyah, menyatakan, tes urine ini sebanyak 66 THL, mengikuti tes urine yang semua dinyatakan negatif. Sementara dari Setkab PPU sebanyak 31 orang yang mengikuti tes urine ini. ( )

Berita ini telah tayang di Tribunkaltim.co dengan judul THL Ketahuan Pakai Urine Orang Lai, Pihak THL untuk Ulangi Lagi Tes Urine 
Penulis Samir Paturusi
Editor Budi Susilo



Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul 5 Orang THL Positif Narkoba, Ini Sanksi Yang Diberikan, http://kaltim.tribunnews.com/2019/02/19/20-opd-di-penajam-sebanyak-lima-orang-positif-narkoba?page=all.
Penulis: Samir
Editor: Budi Susilo


Simpan sebagai :

Berita terkait :