INFO
  •  Selamat Datang di Website Inspektorat Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara 
  •  Telah dibentuk Tim SATGAS SABER PUNGLI PPU 
  •  Telah Ada Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) 
  •  telah Ada Whisle Blowing System (WBS) 
  •  Telah dibuka Layanan Penganduan dan layanan Konsultasi Seputar Pengawasan APIP (Kost@n APIP) Mobile 

Jago Merah Lalap Rumah Kosong di Balikpapan Baru, Pemadaman Dilakukan dengan Membongkar Atap

Senin, 1 Maret 2021

Peristiwa kebakaran kembali terjadi di Balikapan sekitar pukul 10.30 Wita di kawasan Perumahan Balikpapan Baru, Klaster Paris Blok W1 RT 26, Kelurahan Gunung Samarinda Baru Balikpapan Utara.

Diketahui belakangan rupanya, api melalap sebuah rumah kosong yang lama tak dihuni karena sedang dilakukan renovasi untuk dijual kembali.

Salah seorang pekerja di rumah tersebut, Budi mengatakan bahwa sesaat sebelum terjadinya kebakaran, ia sedang mengasapi sebuah sarang tawon yang menempel di bagian plafon rumah.

Namun ternyata tak jauh dari titik sarang tawon, ada sebuah kain yang masuk ke dalam salah satu ruangan di rumah tersebut.

Di samping itu, Budi sendiri usai mengasapi sarang tawon tersebut, beranjak pergi ke sisi rumah yang lain untuk mengecat tembok.

"Saya tanya ke tukang, infonya itu kainnya nyangkut di lubang itu. Kena angin, masuk kena angin, jadi masuk apinya itu. Dipikir nggak apa. Katanya sih, berasap, berasap," terang salah satu warga sekitar, Martin.

Martin, pada awak media, mengaku memang sempat melihat pekerja yang tengah mengasapi sebuah sarang tawon. Dirasa lumrah, ia pun lantas bergegas pergi.

Namun tak berselang lama, ia dihubungi oleh anaknya bahwa rumah yang tengah diasapi tersebut mengalami kebakaran dengan kondisi asap yang cukup tebal.

Sehingga Martin pun memutuskan untuk kembali pulang dan memastikan rumahnya tak turut dilahap api. Sebab, rumah Martin bersebelahan persis dengan rumah kosong tersebut.

"Saya datang jam 11.00 Wita kurang tadi tuh masih berasap. Nggak lama pemadam datang, sudah dihubungi tetangga juga. Siram-siram kan pemadam itu," paparnya lagi.

Namun karena tak ada akses masuk, akhirnya alternatif pemadaman dilakukan dengan cara membongkar genteng rumah tersebut.

"Nggak besar sih apinya. Cuma asap-asap aja. Tapi karena kan di dalam posisi asap, susah mau nyiramnya, makanya genteng itu dijebol semua," jelas Budi.

Beruntung tak ada kendala berarti, sehingga pemadaman bisa segera dieksekusi dan api bisa dengan cepat dijinakkan. Api sendiri jinak sekitar pukul 11.03 Wita.

Budi sendiri pun beruntung tak mengalami luka. Dimana semua pekerja yang lain pun tak mengalami luka akibat kejadian kebakaran tersebut.



Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul Jago Merah Lalap Rumah Kosong di Balikpapan Baru, Pemadaman Dilakukan dengan Membongkar Atap, https://kaltim.tribunnews.com/2021/03/01/jago-merah-lalap-rumah-kosong-di-balikpapan-baru-pemadaman-dilakukan-dengan-membongkar-atap?page=all.
Penulis: Mohammad Zein Rahmatullah
Editor: Mathias Masan Ola


Simpan sebagai :

Berita terkait :