INFO
  •  Selamat Datang di Website Inspektorat Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara 
  •  Telah dibentuk Tim SATGAS SABER PUNGLI PPU 
  •  Telah Ada Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) 
  •  telah Ada Whisle Blowing System (WBS) 
  •  Telah dibuka Layanan Penganduan dan layanan Konsultasi Seputar Pengawasan APIP (Kost@n APIP) Mobile 

Layani Pekerja IKN Nusantara, Rumah Sakit Sepaku Dapat Kucuran Rp 20 Miliar Dari Kemenkes

Rabu, 1 Februari 2023

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM- Rumah Sakit Pratama Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara tahun ini mendapat kucuran anggaran dari Kementerian Kesehatan sebesar Rp20 miliar. Anggaran tersebut untuk menyiapkan rumah sakit, menyambut kedatangan ribuan pekerja proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Kucuran anggaran itu melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), yang akan digunakan untuk menambah fasilitas kesehatan juga perluasan bangunan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dr. Jansje Grace Makisurat mengatakan, dari Rp20 miliar tersebut digunakan untuk pembangunan fisik atau perluasan bangunan sebesar Rp12 miliar.

Kemudian sisanya yakni Rp8 miliar, untuk melengkapi alat dan fasilitas kesehatan di rumah sakit tersebut. “Tahun ini dari dana alokasi khusus Kementerian Kesehatan ada untuk pembangunan fisik juga untuk alat kesehatan,” ungkapnya pada Selasa (31/1/2023). dr. Grace melanjutkan, dari anggaran tersebut nantinya akan dipakai untuk menambah jumlah tempat tidur sebanyak 50 unit, sehingga mencukupi untuk rumah sakit setingkat tipe C. Saat ini tempat tidur yang tersedia juga sebanyak 50 unit. “Seratus tempat tidur itu syarat rumah sakit tipe C,” sambungnya.

Meski demikian, rumah sakit yang ada saat ini belum mampu melayani seluruh pekerja yang akan datang karena jumlahnya diperkirakan hingga ribuan orang. Kata dr. Grace, perlu ada rumah sakit lain yang dibangun khusus untuk IKN dan dilengkapi dengan sumber daya manusia, agar mengakomodir layanan rumah sakit warga ibu kota baru nantinya. “Tidak cukup untuk menampung ratusan ribu pekerja harapannya segera ada dibangun rumah sakit khusus IKN,” pungkasnya.


Simpan sebagai :

Berita terkait :